BERITA

Dirjen Bimas Hindu Bantu Pembangunan Asrama UWP Ganesha Parwati 1,5 miliar

Banyuwangi, Info Pasraman Indonesia – Utama Widya Pasraman (UWP) Ganesha Parwati, Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memulai pembangunan asrama putra dan putri pada Kamis, 1 April 2021.

Pembangunan asrama tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, Kementerian Agama RI, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc.

Pembangunan tersebut didasari atas bantuan hibah Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI untuk UWP Ganesha Parwati sebenar Rp.1,5 miliar.

Dirjen Tri Handoko Seto dalam sambutannya menungkapkan pentingnya pendidikan keagamaan Hindu di tengah perkembangan globalisasi dan era digital saat ini.

Menurutnya sekolah berbasis keagamaan jika kedepan semakin dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan sumber daya manusia Hindu di nusantara itu sendiri.

“Jika sekolah kita bisa maju, dengan sekolah maka wawasan kita akan terbuka. Indonesia adalah negara yang majemuk dan heterogen, maka kementerian dan lembaga akan terus bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan sekolah agar berkualitas khususnya sekolah Hindu seperti saat ini yang ada di Kabupaten Banyuwangi,” kata dia.

Baca Juga : UWP Ganesha Parwati Rencanakan Sekolah Berasrama

Selanjutnya, dengan jumlah umat Hindu yang cukup banyak di Kabupaten Banyuwangi, maka ini adalah sebuah strategi untuk membangun Banyuwangi selatan dengan menyiapkan peserta didik yang berkualitas.

Terlebih lagi, Ditjen Bimas Hindu telah cukup banyak memiliki saluran di tingkat Sekolah Tinggi Agama Hindu negeri dan swasta, Institut Hindu Negeri dan juga Universitas Hindu Negeri yang tentunya dapat meneruskan dari lulusan Utama Widya Pasraman seperti Pasraman Ganesa Parwati ini.

Sebelumnya, Kepala Sekolah UWP Ganesha Parwati Banyuwangi, Miswanto S,E., S.Pd mengatakan UWP pertama di Indonesia itu terus berbenah menjadi sekolah dengan pola asrama atau “schoolboarding” dimana antara sekolah dan asrama ada dalam satu tempat.

Miswanto menjelaskan bahwa tujuan dari sekolah dengan pola asrama adalah semakin menguatkan pola pendekatan pendidikan karakter dan mengefektifkan pola asuh siswa pada ranah pendalalam ajaran agama dan pelajaran umum. “Juga sudah ada bantuan pembangunan asrama dari pusat,” tambahnya.

Baca Juga:  Here's how to make Kevin's famous fish cutlet from 'The Office'

Ia menuturkan bahwa pendidikan akan semakin baik jika antara sekolah dan lingkungan berjalan beriringan dan saling mendukung. “Kalau di sekolah sudah diajarkan baik. Kadang kala di rumah dan lingkungan menjadi kendala. Jadi kami ingin lebih memaksimalkan keduanya.

Menurutnya, UWP Ganesha Parwati dengan pola asrama akan semakin meneguhkan tujuan berdirinya sekolah untuk menjadikan siswa sebagai generasi yang unggul dan religius sehingga mampu bersaing pada dunia kerja dengan berlandaskan pada karakter agama Hindu.

“Sekolahnya baik siang dan malam langsung di sekolah. Jadi kami harapkan anak-anak lebih mantap lagi dalam pelajaran keagamaan,” tambah dia (ditjen bimas hindu/IPI-001)

Related Posts