October 22, 2021
BERITA

UWP Astika Dharma Karangasem Upanayana 140 Siswa

Rendang, Karangasem – Info Pasraman Indonesia – Utama Widya Pasraman (UWP) Astika Dharma, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali melaksanakan ritual upanayana atau inisiasi sebelum memasuki masa menuntut ilmu menurut Hindu yang dilaksanakan di pasraman setempat, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan Upanayana di pasraman setingkat SMA pertama di bumi lahar Karangasem tersebut bertepatan dengan Purnama Kasa yang juga tegak Piodalan Pura Satanana Dharma yang berlokasi di pasraman setempat.

Upanayana dihadiri berbagai kalangan pemerhati pendidikan Hindu. Mulai dari Ditjen Bimas Hindu yang diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karangsem, Perwakilan Kandepag Karangasem, Ketua PHDI Karangasem dan berbagai unsur Hindu lainnya.

Kepala Sekolah UWP Astika Dharma, Wayan Dharmika, S.Pd mengatakan bahwa brahmacari/siswa yang diupanayana berjumlah 140 orang dari total sisya sebanyak 194 siswa dari dua angkatan. “Yang bisa hadir pada upanayana kali ini sebanyak 140 siswa. Sisanya berhalangan juga terkait pembatasan akibat pandemi covid-19,” ujar dia.

Ia menuturkan bahwa antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada UWP Astika Dharma cukup besar. Terbukti, jumlah pendaftar terus meningkat setiap bulannya.

“Tahun ini kami menerima siswa sebanyak 120 orang. Dimana tahun sebelumnya menerima siswa sebanyak 75 siswa. Sebagian siswa bahkan kami asramakan. Utama mereka yang memang terkendala ekonomi,” paparnnya.

Lokasi sekolah UWP Astika Dharma

 

Keunggulan UWP Astika Dharma, kata Dharmika adalah memiliki beberapa penciri sekolah yang berbeda dengan sekolah lainnya. “Kami pasraman yang bercirikan pertanian, peternakan, pariwisata yang tentu berlandaskan agama dan budaya,” ucapnya.

Baca Juga:  AWP Sutasoma Nabire Papua Kembali Belajar Daring Pasca Covid Meningkat

Dharmika lebih jauh menuturkan bahwa pihaknya sangat optimis kedepan UWP dapat berkembang pesat terlebih dukungan dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, swasta, penyantun dan juga masyarakat Hindu. “Sangat optimis. Kedepan kami tetap mohon dukungan berbagai pihak,” demikian Dharmika.

Sementara itu, Plt. Direktur Pendidikan Ditjen Bimas Hindu, I Made Santika, S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pihak direktorat sangat mengapresiasi pembangunan dan perkembangan UWP Astika Dharma.

Menurut dia, salah satu faktor UWP berkembang pesat adalah support yayasan yang begitu besar di bawah tangan dingin Pembina Yayasan, Gede Pasek Suardika.

‘Saya mengapresiasi Pak Gede yang begitu konsern peduli terhadap pasraman Hindu. Pemerintah merasa sangat terpantu dengan yayasan melalui UWP Astika Dharma,” ujarnya.

Baca Juga:  Breeze through 17 locations in Europe in this breathtaking video

Santika memberikan dukungan penuh agar Astika Dharma kedepan berkembang lebih pesat dengan memfokuskan pendidikan bukan hanya sebatas di ruang kelas, tetapi juga di lapangan.

“Saya mendorong agar diterapkan juga semacam merdeka belajar. Dimana siswa juga belajar di luar kelas. Seperti peternakan, pertanian. Sehingga mereka merasakan pendidikan realistis dan lebih nyata,” kata dia. (IPI-001)

Related Posts